Contoh Soal beserta Pembahasan Asam Asetat - Gabriella Victoria

Kamis, 28 Maret 2013

Contoh Soal beserta Pembahasan Asam Asetat


Asam asetat adalah asam lemah  Bronsted.  Berikut ini adalah sederetan turunan asam asetat dimana atom H pada gugus metal  digantikan oleh Cl. Dari TAbel berikut dapat dilihat bahwa kekuatan sederetan asam tersebut berbeda, tergantung banyaknya Cl didalam molekul.
Asam
Ka
CH3COOH
1,8 x 10-5
ClCH2COOH
1.4 x 10-3
Cl2CHCOOH
3,3 x 10-2
Cl3CCOOH
2,0 x 10-1
  1. Dari Tabel tersebut, bagaimana sifat asam asam tersebut dengan bertambahnya Cl dalam molekul? Jelaskan dan beri alasan mengapa demikian
  2. Bila anda mempunyai ke empat larutan asam asam tersebut dengan molaritas yang sama, manakah yang pH nya paling tinggi?
Jawaban:
a.            i.    Seiring dengan meningkatnya atom  H yang digantikan dengan atom, maka asam nya akan semakin kuat (Ka semakin besar) Cl. Kekuatan asam ditentukan oleh stabilitas basa konyugasinya.
Dalam kasus ini,  basa konyugasi asam asetat adalah CH3COO-. Basa konyugasi mempunyai satu elektron berlebih. Jadi stabilitasnya tergantung pada bagaimana ion dapat bertahan dengan muatan negatif.
Penggantian  H dengan Cl, yang lebih besar dan lebih elektronegatif dari H, maka akan dapat lebih menstabilkan muatan negative pada basa konyugasinya. Jadi: bila Cl meningkat maka asamnya makin kuat.

ii.    pH larutan yang terbesar adalah larutan CH3COOH, karena nilai Ka nya paling kecil (1,8 x 10-5)

Tidak ada komentar:

@way2themes