Sistem Peredaran Hewan : CUMI-CUMI - Gabriella Victoria

Kamis, 05 September 2013

Sistem Peredaran Hewan : CUMI-CUMI



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgzlEMsWFbKceCo4OpEHpKwecy2rsatFUP97u2LdHXhVGLn2LN3ywSE76OY4NH9XTvItVqt3bsZGh7t27v50ajFPtJeDJShF2AIBTR8VhYn9Pm53oLU8-1Ue4vSlP1dpYmIPmixejqxnhu/s400/BEDA+CUMI+JANTAN+DAN+BETINA.png                System sirkulasi tertutup dari cumi-cumi sangat menarik karena ada 3 pompa untuk memelihara sirkulasi. Satu jantung memompa darah ke semua organ interna dan jaringan tubuh. Dua jantung lainnya benar-benar bekerja memompa darah dari organ organ interna dan jaringan ke insang, yang merupakan tempat terjadinya pertukaran gas. Untuk memahami keuntungan dari system yang demikian baik untuk diketahui bahwa tekanan yang dihasilkan oleh kontraksi sebuah jantung seluruhnya hampir berhamburan, bila darah masuk ke kapiler-kapiler. Meskipun kapiler-kapiler kecil total daerah sayatan melintang dari kapiler-kapiler yang menerima darah dari sebuah pembuluh darah besar cukup lebih besar daripada sayatan melintang pembuluh darah itu sendiri.
                Keadaan ini dapat dibandingkan seperti apa yang terjadi, bila suatu aliran tertentu yang mengalir dengan cepat, tersebar pada suatu dataran yang rata. Tekanan dan kecepatan mengalir berkurang dengan cepat. Keadaan yang sama terjadi dalam anyaman kapiler. Perhatikan pula pertukaran gas harus berlangsung di 2 tempat ialah di insang dan di jaringan.
                Pada kedua kasus itu, pertukaran terjadi hanya ketika darah sedang melalui kapiler-kapiler. Jadi, ketika melalui insang-insang, darah kehilangan tekanan yang dapat menyebarkannya ke jaringan-jaringan dengan cepat. Sebaliknya, ketika melalui kapiler-kapiler dari jaringan, darah kehilangan tekanan yang dapat kemudian memaksa darah kembali ke insang. Jadi, system jantung yang terpisah pada cumi-cumi mengatasi persoalan tersebut dengan baik, baik untuk diperhatikan disini bahwa system sirkulasi tertutup dengan jantung yang terpisah juga terjadi pada burung dan mamalia tetapi kedua pompa tersebut terletak bersama. Separuh jantung burung/mamalia memompa darah ke paru-paru separuh lainnya memompa darah ke jaringan tubuh. Perkembangan jantung yang terpisah pada hewan-hewan ini seluruhnya tak sama seperti pada cumi cumi

Tidak ada komentar:

@way2themes