Elektrokimia - Gabriella Victoria

Senin, 11 November 2013

Elektrokimia

Elektrokimia adalah kajian reaksi redoks yang dilaksanakan sedemikian sehingga dalam sistem itu terdapat potensial listrik yang dapat diukur. Dalam sebuah sel volta suatu reaksi redoks spontan membangkitkan arus listrik yang mengalir lewat rangkaian luar. Dalam suatu sel elektrolisis suatu reaksi tak spontan didorong oleh suatu arus listrik yang diberikan oleh suatu sumber luar. Semua sel elektrokimia harus juga mempunyai suatu rangkaian dalam lewat mana arus dapat mengalir dalam bentuk ion yang berdifusi. Beberapa tipe sel tertentu menggunakan jembatan garam untuk maksud ini. Dalam masing masing sel oksidasi berlangsung pada anoda dan reduksi berlangsung pada katode.  Elektron mengalir dari anoda ke katode dalam rangkaian luar.  Satuan pengukuran untuk banyaknya elektron laju aliran dan selisih potensial listrik yang mendorong arus ini masing masing adalah coulomb, ampere, dan volt.

Untuk kondisi tertentu apa saja tiap elektrode mempunyai potensial elektrode yang ditentukan oleh setengah reaksi yang terjadi disitu. Sebuah elektrode yang bekerja pada kondisi standar disebut elektrode standar.  Potensial elektrode hanya dapat diukur secara tidak langsung pada kondisi standar harga harga merek ditentukan relatif terhadap harga elektrode perbandingan standar.  Elektrode yang digunakan untuk maksud ini adalah elektrode hidrogen standar.,yang secara sembarang diberi potensial sebesar nol. Dengan perjanjian,  semua potensial elektrode ditabelkan Sebagai potensial reduksi standar.

Setengah sel oksidasi dan setengah sel reduksi apa saja dapat dijumlahkan untuk memperoleh sebuah reaksi sel hipotesis jika kedua potensial redukzi standar tersebut diketahui,  voltase sel dapat dihitung secara langsung tanpa memerlukan pengukuran secara eksperimen.  Tanda voltase itu menunjukkan apakah reaksi sel seperti yang ditulis itu spontan ataukah tidak pada kondisi standar.  Voltase sel yang dihitung atau diukur merupakan cara yang mudah dan cermat untuk menghitung baik tetapan keseimbangan maupun perubahan energi bebas standar reaksi itu. Persamaan Nernst digunakan untuk menghitung voltase sel pada kondisi temperatur dan konsentrasi spesi yang tak standar.

Tidak ada komentar:

@way2themes